RSS

Macam Mail

19 Nov

Gambar

1. WEB MAIL

Pengertian :

 

Web Mail (Web based e-mail) adalah layanan e-mail yang basis aksesnya adalah dalam bentuk halaman web. Jika ingin mengakses, memeriksa atau mengirim e-mail, maka harus masuk ke situs web penyedia layanan e-mail dimaksud. Tidak ada jalan lain untuk mengakses e-mail kecuali dengan cara tersebut.

 

Email jenis ini merupakan email yang ditawarkan berbagai situs seperti Google Mail, Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail dan lain-lain.

 

Protokol yang digunakan sama dengan web yaitu protokol http (hypertext transfer protocol) Akses e-mail menggunakan browser internet seperti Internet Explorer, Mozilla FireFox, Opera dan lain-lain.

Kelebihan :

 

  • Karena beroperasi di halaman situs web, maka fungsi e-mail dapat diakses dari berbagai tempat. Anda bisa mengecek email Anda dari mana saja dan browser apa saja sepanjang dapat terkoneksi dengan internet.
  • Tidak memerlukan mail client karena dapat berinteraksi dengan layanan tersebut langsung dari situs web.

Kekurangan :

 

  • Kekurangan utama dari email berbasis web adalah, untuk mengecek email Anda harus selalu terhubung ke internet. Bagi yang hanya menerima beberapa atau belasan email tentu nggak begitu terasa. Tapi bagi Anda yang menerima puluhan email atau bahkan ratusan email tentu akan terasa kekurangannya terutama dalam hal biaya (menambah biaya, karena harus selalu connect ke internet).
  • Pada saat mengakses akun e-mail, koneksi tidak boleh terputus.
  • E-mail sulit diarsipkan, karena tersimpan di server penyedia layanan e-mail.
  • Jika server mengalami masalah, ada kemungkinan e-mail dan bahkan akun e-mail dapat hilang begitu saja.

Kapasitas: 

 

Besarnya media penyimpanan yang digunakan terbatas, tergantung penyedia layanan e- mail tersebut.

2. POP MAIL

Pengertian

 

POP mail adalah e-mail yang diterima melalui Internet Service Provider yang menjadi langganan kita (bagi Anda yang connect internet dari rumah atau kantor).

Kelebihan

  • Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca dalam kondisi offline (tidak terhubung ke internet). Mengecek e-mail dapat dilakukan dengan cara menghubungkan komputer ke internet, kemudian mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan memutuskan hubungan dengan internet. Setelah itu, kita dapat membaca satu persatu e-mail yang diterima. Setelah membaca dan membuat balasan, kita dapat menghubungkan kembali komputer ke internet dan kemudian mengirimkan balasan e-mail yang sudah dibuat. Dengan cara seperti ini, kita tidak perlu berlama-lama terhubung ke internet, sehingga biaya akses internet menjadi lebih murah.
  • Untuk mendownload e-mail dari server alamat e-mail dan mengirimkan balasannya, kita harus mempunyai program client mail, seperti Eudora atau Microsoft Ountlook Express di komputer yang digunakan. Agar program itu dapat digunakan, kita harus melakukan pengaturan di program tersebut terlebih dahulu.

 

Kekurangan

 

  • Kekurangan dari POP mail adalah kita tidak dapat membuka e-mail dari sembarang tempat. Jika ingin melakukannya di komputer lain, terlebih dahulu kita harus melakukan pengaturan ulang. Selain itu, jika kita menggunakan akses internet yang perhitungan biayanya berdasarkan besar file yang didownload, bukan berdasarkan lama koneksi, biaya yang dikeluarkan akan sama saja.

 

3. FORWARDING MAIL

Pengertian

 

Email jenis ini akan terasa manfaatnya bagi Anda yang belum menemukan layanan email yang cocok alias suka gonta-ganti email. Pada prinsipnya email forwarding ini merupakan layanan email yang meneruskan email yang dikirim kepadanya ke account email Anda yang lain.

 

Kelebihan

 

  • Anda bisa menyembunyikan alamat email Anda yang sesungguhnya. Selain itu Anda juga tidak perlu memberi tahu email Anda yang baru (jika Anda sering gonta-ganti email). Yang Anda berikan cukup alamat email forwarding tersebut.

 

Kekurangan

 

  • Karena bersifat sebagai perantara, email tersebut akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke tempat Anda.

 

Sumber : http://saefusae.wordpress.com/2012/08/08/perbedaan-web-mail-pop-mail-dan-forwarding-mail/

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 19, 2013 inci Tugas

 

Tinggalkan komentar

 
nisaam2k

keepsmile

Sailul Azmi - MAN 2 KUDUS

Nice Blog to be Better Blog

AzH@r_M2K

Sing NgerTi Ora Kuoso, Sing Kuoso Ora NgerTi

Theme Showcase

Find the perfect theme for your blog.

WordPress.com News

The latest news on WordPress.com and the WordPress community.

Ultimate Umam

Jadikan Ujian untuk Belajar, Bukan Belajar untuk Ujian

hisbulhaqm2k

Lets explore our world

SyukronM2K

Better quality life

mustikafa_M2K

goresan penaku :)

rieviemandaku

Information is My Life and My Life is Information